BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »

Kamis, 31 Desember 2009

ORACLE

PENGERTIAN ORACLE
Oracle adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesat di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk - produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas internet diseluruh produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT oracle indonesia adalah anak perusahaan dari oracle corporation, yang didirikan pada tahun 1995.

PERKEMBANGAN ORACLE
Oracle adalah DBMS hasil produksi dari oracle corporation yang berpusat di USA, yang sekaligus berperan sebagain vendor yang mengkhususkan diri pada produk - produk DBMS untuk berbagai jenis komputer dan mendukung system operasi dari berbagai vendor. Mulai dari PC yang berbasis Windows atau Linux sampai dengan komputer mainframe baik yang IBM compatible maupun yang berasal dari vendor lain seperti SUN Microsystems, Hewlett Packard, dll. Sifat kompatibilitas dengan bernagai platform itulah yang membuat oracle menjadi salah satu DBMS yang banyak digunakan dewasa ini.
Oracle pertama kali diproduksi sekitar tahun 1984 dan terus mengalami perkembangan sampai sekarang ini. Oracle yang kita pelajari saat ini adalah versi 9i dan kita hanya belajar oracle yang berbasis Microsoft Windows.

  1. instalansi oracle database
pada saat kita melakukan instalansi, kita akan diminta untuk memilih jenis basis data awal yang akan kita buat pada saat instalansi, pilihannya adalah General Purpose, Transaction Processing ,dan Data Warehousing. Jika tidak ingin membuat basis data pada saat instalansi, kita bisa memilih Software Only, dimana hanya akan diintal Oracle Databasenya tanpa ada basis data satu pun didalamnya. Pembuatan basis data bisa dilakukan setelah proses instalansi selesa menggunakan Database Configuration Wizard.
setelah proses instalansi selesai, kita harus mengkonigurasi suatu servis yang disebut dengan listener menggunakan tool Net Configuration Asistant. Listener digunakan untuk mendeteksi koneksi Oracle Client pada server database tersebut. Konfigurasi yang dilakukan meliputi dua hal, yaitu protocol apa yang digunakan dalan jaringan yang kita pakai dan port mana yang akan digunakan untuk koneksiclient - server (defaultnya adalah 1521). Jika dalam jaringan kita menggunakan lebih dari satu protokol, maka akan terdapat 1 listener untuk 1 protokol. Jika ada beberapa listener dalam suatu oracle database maka kita akan diminta untuk mengaktifkan salah satu listener yang seusai.

2. instalansi oracle client
pada instalansi Oracle Client akan ditanya tool - tool apa saja yang akan ikut dalam instalansi tersebut selain tools miliknya client. Tool -tool tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan hal - hal berbau administratif walaupun kita jalankan dari client.
setelah instalansi selesai, kita harus mengkonfigurasi suatu servis yang kan digunakan untuk koneksi ke Oracle Database menggukanak Ner Service Name, servis tersebut adalah Net Service Name. Konfigurasi Ner Service Name meliputi :
  • identitas komputer yang sudah terinstal Oracle Database dimana databse tersebur yang akan diakses berada berikut dengan port yang digunakan oleh listener aktif. Identitas komputer bisa diketahui dari IP address - nya (jika kita menggunakan protokol TCP / IP) atau dari Computer Name-nya.
  • database yang akan kita akses, diketahui dari nama darabase-nya (dalam Net Configuration Assistant dinamakan Service Name).
tipe - tipe user dalam oracle :
  1. database administrator
  2. security officers
  3. network administrator
  4. application developer
  5. application administrator
  6. database user

0 komentar: